Minggu, 13 Maret 2011

JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Kumaedi, Drs., M,Pd. Telah melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul, “Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Tentang Konsep-konsep Kinematika dan Dinamika Gerak Lurus pada Siswa MAN Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon”. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Full Day sebanyak 32 siswa. Konsep-konsep kinematika yang diteliti adalah jarak, perpindahan, kelajuan, kecepatan, percepatan, gerak lurus beraturan, dan gerak lurus berubah beraturan. Konsep dinamika yang diteliti adalah gaya, hukum I Newton, hokum II Newton, dan Hukum III Newton. Kooperatif Learning Jigsaw yang dilakukan dengan membagi 32 siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 siswa. Tiap anggota kelompok disebarkan ke dalam kelompok-kelompok ahli yang mendiskusikan satu konsep, setelah selesai berdiskusi dalam kelompok ahli akan kembali kepada kelompok semula untuk memadukan hasilnya dalam kelompok semula. Tindakan dilakukan dalam dua siklus dan melibatkan dua orang observer, yaitu dari unsur pengawas pendidikan dan rekan sejawan guru fisika di tempat tugas penelitian. Penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw dapat mengurangi miskonsepsi fisika tentang konsep-konsep kinematika gerak lurus pada siswa MAN Babakan Ciwaringin rata-rata sebesar 80 %, sedangkan pada konsep-konsep dinamika gerak lurus rata-rata sebesar 86 %. Dan disarankan untuk dilakukan penelitian sejenis, tentang penerapan pembelajaran kooperatif learning untuk peningkatan hasil belajar materi lain atau pada mata pelajaran lainnya serta perlu dilakukan penerapan strategi dan metode pembelajaran lainnya untuk mengurangi miskonsepsi pada konsep-konsep kinematika dan dinamika gerak lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar